Sabtu, 18 Agustus 2012

valuta


Pasar modal sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi ekonomi dan keuangan. Dalam menjalankan fungsi ekonominya, pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari pihak yang mempunyai kelebihan dana      ( lender ) ke pihak yang membutuhkan dana ( borrower ). Sedangkan fungsi keuangan dilakukan dengan menyediakan dana yang diperlukan para borrowers dan para lenders menyediakan dana tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil yang diperlukan untuk investasi tersebut.
Husnan ( 2002 ) mendefinisikan pasar modal sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan dan sekuritas jangka panjang yang bisa diperjual belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities maupun perusahaan swasta.
Tandellin ( 1991 ) menjelaskan pengertian klasik dari pasar modal adalah pengetian sebagaimana yang ada di negara-negara kapitalis seperti Amerika Serikat, yaitu suatu bidang usaha perdagangan surat-surat berharga seperti saham, obligasi dan sekuritas efek yang merupakan pasar abstrak sekaligus konkrit dengan barang yang diperjual belikan adalah dana yang bersifat abstrak dan bentuk konkritnya adalah lembar surat-surat berharga di bursa efek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar